Tax Amnesty Tersisa 2 Bulan, Ditjen Pajak Sebar ‘Surat Cinta’

Jakarta – Program pengampunan pajak atau tax amnesty telah memasuki periode terakhir. Di periode ini, para wajib pajak masih memiliki waktu selama dua bulan untuk dapat melaporkan hartanya.


Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Hestu Yoga Saksama, mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada para wajib pajak, untuk dapat mengikuti program tax amnesty.



Salah satu caranya adalah, memberi surat imbauan kepada para wajib pajak, melalui berbagai pihak. Mulai dari asosiasi, hingga perbankan.



”Melalui asosiasi-asosiasi pengusaha dan perbankan, secara masif kami telah dan akan mengirim surat imbauan Dirjen Pajak,” ungkap Hestu kepada detikFinance, Rabu (1/2/2017).



Ia menjelaskan, Ditjen pajak akan mengirim surat melalui berbagai bank yang ada, hingga kemudian disampaikan kembali oleh para nasabah dari bank-bank tersebut. Nantinya, nasabah yang memiliki rekening di atas Rp 500 juta bakal menerima surat imbauan itu.



”Misalnya surat kepada para nasabah bank yang kami kirimkan melalui Perbanas (Perbankan Nasional), Himbara (Himpunan Bank-bank Negara) dan Asbanda (Asosiasi Bank Pembangunan Daerah),” kata dia.



”Jadi kalau anda memiliki rekening dengan nilai di atas Rp 500 juta (bisa juga kurang dari itu), kemungkinan besar anda akan menerima surat Dirjen Pajak yang dikirim melalui bank yang bersangkutan,” sambung Hestu.



Sementara untuk asosiasi, Ditjen Pajak bakal mengirimnya melalui berbagai asosiasi seperti perhimpunan pengusaha yang ada.



”Juga surat kepada wajib pajak para pengusaha anggota asosiasi yang dikirim melalui beberapa asosiasi seperti himpunan pengusaha ritel, himpunan pengusaha penyewa pusat perbelanjaan, Kadin (Kamar Dagang dan Industri), Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) dan lain-lain, yang masih akan bertambah,” kata dia.



Langkah tersebut, kata Hestu, dilakukan guna meningkatkan jumlah peserta tax amnesty di periode terakhir ini. Sebab, kata dia, masa berakhit tax amnesty sebentar lagi akan selesai.


”Terakhir kalinya kami mengingatkan para Wajib Pajak untuk memanfaatkan kesempatan mengikuti tax amnesty yang akan segera berakhir ini,” tutur Hestu. (wdl/wdl)